Posted on

Waktu Sholat Istikharah Yang Baik

Shalat adalah tiang agama yang harus tetap dikokohkan oleh kaum muslimin, setiap ummatnya memiliki kewajiban yang sama untuk menjalankanya. Shalat merupakan salah satu ibadah yang ada di dalam islam, dan shalat istikharah adalah bagian dari ibadah shalat. Ibadah ini tergolong ibadah sunnah, yang baik jika di amalkan dan tidak apa-apa bila di tinggalkan.

Bagi kita yang mungkin merasa dalam hidupnya terjadi kegundahan, salahsatu cara untuk menyandarkan kepada allah adalah shalat istkharah, dan berdo’a usai melakukan shalat. Istikharah memang diperuntukkan sebagai jalan untuk meminta suatu petunjuk, dengan shalat yang dilakukan insyaallah akan segera diberikan kemudahan.

Shalat istikharah banyak dilakukan oleh kaum muslimin sebagai media untuk memanjatkan do’a kepada allah, berikut kami berikan penjelasanya: Berikut Jadwal Shalat Digital Dan Waktu Yang Dianjurkan Untuk Shalat Istikharah.

Jadwal Waktu Sholat Istikharah Yang Baik

Pixabay.com
  • Shalat istikharah bisa dilakukan oleh setiap kaum muslim, istikharah bukan berarti harus memiliki masalah dan kemudian menjalankanya. Menjadikan shalat istikharah sebagai amalan setiap hari justru lebih baik dan mendapatkan banyak keutamaan. Ibadah istikharah bisa kita lakukan pada siang hari, asalkan tidak pada waktu-waktu yang di kharamkan untuk menjalankan shalat.
  • Jika anda sulit untuk bangun di sepertiga malam, anda bisa melakukan shalat istikharah sebelum jam dua belas malam. Setelah waktu shalat isya’ masuk. anda diperbolehkan melakukan shalat ini agar setelahnya dapat istirahat dan esoknya tidak mengganggu jadwal shalat subuh.
  • Selain itu, waktu shalat istikharah yang paling di anjurkan adalah pada sepertiga malam sebelum memasuki waktu shalat subuh. Dalam islam, waktu sepertiga malam memiliki banyak keutamaan, rahmad allah mulai diturunkan, dan do’a yang di sanjungkan kepadanya mudah terijabahi. Selama kegiatan anda dalam shalat sunnah, usahakan tidak menggangu waktu shalat subuh, dan akhrnya shalat wajib anda justru terbengkalai.

Dalam agama islam penuh dengan tuntunan, bahkan mulai dari masalah yang enggan untuk di selesaikan kita bisa memohon kepada allah agar diberikan kemudahan melalui shalat istikharah. Begitu mulianya allah memberkan keutamaan kepada shalat istikharah, sangat rugi apabila kita tidak menjalankanya dengan rutin setiap hari. Manusia adalah makhluk yang penuh dengan keterbatasan, oleh sebab itu, sangat diperlukan suatu sandaran baginya, dan satu-satunya sandaran yang baik adalah bersandar kepada allah swt.

Beberapa Keutamaan Dalam Shalat Istikharah

Pixabay.com
  • Orang yang di malam hari melaksanakan shalat istikharah akan mendapatkan ketentraman jiwa dan hati.
  • Siapapun yang rutin menjalankan shalat istikharah akan dimudahkan urusan hidupnya oleh allah.
  • Orang yang menjalankan istikharah akan mendapatkan tambahan nikmat yang melimpah dari allah.
  • Akkah akan menjauhkan orang-orang yang rutin beribadah dari keburukan dunia

Shalat istikharah adalah ibadah sunnah yantg baik untuk di amalkan, serta tidak apa-apa jika tidak dilaksanakan. Akan tetapi, bagi orang yang berkenan mengamalkanya maka ia akan mendapatkan keuramaan yang diberikan allah swt. Selagi kita masih mungkin untuk melakukanya, mar kita laksanakan dengan seksama.

Cara yang lebih baik ketika kita shalat istikharah adalah, membawakan permasalahan yang sedang dialami, dan kemudian panjatkan do’a kepada allah agar dimudahkan dalam menyelesaikanya. Istikharah memang spesifiknya adalah sebagai permohonan petunjuk, oleh sebab itu tidak menjadi masalah apabila kita membawakan suatu masalah ketika akan menghadap allah swt. Demikianlah artikel tentang waktu shalat yang dapat kami sajikan, selamat beribadah dan terimakasih.