Posted on

10+ Susunan Makalah dan Syarat Penulisannya

Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang sudah tidak asing bagi berbagai kalangan akademisi. Memiliki struktur penulisan yang baku, tahukah Anda apa saja syarat yang harus dipenuhi? Agar tidak keliru dengan jenis karya ilmiah lainnya berikut ini akan dibahas mengenai beberapa syarat penulisan beserta susunan makalah tersebut secara rinci.

Syarat Penulisan Makalah yang Baik

Guna menuliskan suatu karya ilmiah yang tepat, Anda harus tahu terlebih dahulu persyaratan yang harus dipenuhi. Setidaknya ada lima hal, berikut penjelasannya untuk Anda simak bersama.

  1. Silakan fokus pada topik yang akan dibahas. Hal ini akan menjauhkan Anda dari pembahasan yang terlalu melebar.
  2. Mampu merepresentasikan maupun merefleksikan penulisan makalah secara luas dari sumber-sumber yang relevan.
  3. Menjelaskan isi secara runut dan berbasis ilmiah.
  4. Mencantumkan sumber informasi yang digunakan.
  5. Memakai bahasa yang baku.

Susunan Makalah yang Harus Diperhatikan

Dalam penyusunan makalah, selain terdapat persyaratan yang harus dilengkapi. Masih ada  pula hal yang harus Anda pahami, yakni berkenaan dengan susunan karya ilmiah tersebut. Secara garis besar ada empat susunan, berikut penjabarannya untuk Anda simak dengan saksama.

1. Judul

Pertama Anda harus membuat judul karya ilmiah yang dapat merepresentasikan keseluruhan topik yang akan dibahas. Tak harus panjang namun keterwakilan dari judul tersebutlah yang dijadikan acuan.

2. Pendahuluan

Selanjutnya Anda diharuskan untuk menyusun bab pendahuluan yang terdiri atas latar belakang, rumusan masalah, serta tujuan dan manfaat. Perlu Anda ketahui bahwa bagian ini merupakan dasar yang harus diperhatikan dengan baik, karena akan berkaitan dengan bab-bab setelahnya.

3. Isi

Menjawab bagian rumusan masalah di bab sebelumnya, Anda diminta untuk menjabarkan topik di bagian ini. Analisa data baik secara langsung di lapangan maupun sumber-sumber relevan menjadi hal utama yang harus Anda kuasai.

4. Kesimpulan

Bagian ini diharapkan berisi tak hanya sebatas kesimpulan atas apa yang tertulis di bab sebelumnya saja. Melainkan harus memuat implikasi yang bisa dipraktikkan secara nyata di kemudian hari atas telaah yang sudah dilakukan.

Contoh Latar Bekalang Makalah

Menjadi salah satu bagian yang penting dari sebuah makalah, latar belakang merupakan inti topik yang harus diperhatikan penyusunannya. Agar tidak salah sistematika penulisannya, berikut ini akan kami berikan contoh latar belakang masalah yang tepat.

Pendidikan diartikan sebagai suatu usaha atau kegiatan untuk mengembangkan potensi dan keterampilan diri meliputi, pengajaran keahlian khusus, pengetahuan, pertimbangan atau kebijaksanaan. Salah satu yang utama pada pendidikan adalah mengajarkan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Di era globalisasi saat ini, Indonesia harus melakukan reformasi dalam proses pendidikan. Situasi pendidikan yang lebih komprehensif akan lebih terarah, sehingga sebuah generasi dapat memfungsikan dirinya secara efektif dalam kehidupan masyarakat global. Pendidikan harus disusun guna memungkinkan para peserta didik mengembangkan potensi yang dimiliki secara alami dalam suasana penuh kebebasan, kebersamaan, dan rasa tanggung jawab.

Salah satu permasalahan di dunia pendidikan adalah anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Otak anak dipaksa untuk mengingat berbagai macam informasi yang tidak disertai pemahaman informasi untuk menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dengan model seperti ini masih mengacu pada teori Tabula Rasa dari John Locke yang menyebutkan bahwa pikiran seorang anak adalah seperti kertas kosong yang putih dan siap menunggu coretan-coretan gurunya.

Nah itu dia penjelasan rinci terkait dengan hal-hal yang berhubungan dengan makalah serta contoh latar belakang masalah yang tepat. Guna mendapatkan tambahan informasi seputar hal tersebut silakan perbanyak referensi lain yang relevan. Semoga bermanfaat.