Posted on

Sungai Gangga, Situs Suci yang Semakin Tercemar

Gangga adalah nama sungai yang sangat terkenal di India dan dianggap sebagai sungai yang suci. Tidak hanya itu, Gangga juga menjadi pusat kehidupan dari 1 miliar juta jiwa di India Lantas, bagaimana kondisi sungai yang disucikan oleh masyarakat India ini? Yuk temukan jawabannya di sini!

Kondisi Gangga Saat Ini

  1. Pusat Kehidupan Masyarakat India

Hingga saat ini, Sungai Gangga masih menjadi pusat kehidupan spiritual dari 1 miliar juta jiwa masyarakat India. Setiap tahunnya, jutaan umat Hindu berziarah ke kuil dan tempat suci di sepanjang sungai untuk mengucap syukur dan mengharapkan rezeki. Tidak hanya spiritual, sungai ini juga menjadi pusat industri, pengairan pertanian, hingga bahan politik.

  1. Kondisinya Saat Ini

Selain sebagai sumber pengairan utama miliaran rakyat India, sungai ini juga menjadi penampung jutaan liter limbah. Jutaan liter ini limbah beserta tubuh manusia, bangkai hewan, pestisida pertanian, logam berat, dan limbah beracun dibuang ke Gangga setiap harinya.

Air yang dulunya bersih dan kaya mineral menjadi air yang beracun untuk diminum. Tidak hanya itu, Gletser Gangotri telah menyurut dengan kecepatan yang cukup membahayakan, yakni 22 meter per tahunnya. Sementara itu, upaya pemerintah untuk menangani masalah sungai ini masih belum berhasil.

Gangga adalah sungai yang disucikan dan dianggap sakral oleh masyarakat India. Namun, manusia jugalah yang membuatnya menjadi salah satu sunagi paling tercemar di dunia. Saat ini, kondisi Gangga tidak lagi bersih dan kaya mineral, tapi sudah penuh dengan racun dan berbahaya untuk dikonsumsi.