Asal Usul Dajjal

 

Dajjal merupakan  seorang tokoh pada eskatologi Islam yang muncul jelang kiamat. Dia kafir dan jahat, pembawa fitnah (ujian) terbesar. tak ada ujian lebih terbesar selain dajjal.

Para nabi sebelum Nabi Muhammad SAW sudah jelaskan tentang Dajal. Nabi Muhammad SAW menjelaskan lebih detail tentang dajal, mislanya dajal satu matanya buta.

Asal UsuL Dajjal

Menurut sejumlah kalangan, dajjal adalah manusia bukan dari golongan jin. Dajjal merupakan bani adam, butuh makan minum dan lainya layaknya manusia. Maka dari itu dajjal nantinya juga bisa dibunuh nabi Isa.

Moyang dan keluarga dajal seperti kakek nenek ayah dan ibunya menyembah berhala. Mereka keturunan. Yahudza, yang sudah menikah 30 tahun tapi tak punya anak. Dikisarkan dajal juga mandul alias gak punya keturunan.

Dajal lahir si negeri namanya Samirah, negeri kecil di tanah Palestin, menjadi kota besar di masa nabi daud dan sebelahnya.

Etimologi

Nama dajjal diambil dari bahasa arab dajjala al bair. artinya dicat atau dengan tertutupi dan menutupi denganya. Makna asli dari ad dajjalu sendiri yaitu mencampur aduk, mengaduk aduk, dan merancukan.

Jadi menurut beberapa sumber arti sajjal yakni orang pendusta, yang merancukan tapi diberi kelebihan luar biasa. Dajjal juga disebut nabi palsu atau sosok penyamar dan pembohong jelang kiamat.  Sebelum Al Quran diturunkan ada istilah Syria meshiha deghala yakni almasih ad dajjal alias Nabi palsu.