Posted on

Manfaat Unik Daun Kersen, Obat Alami Penghilang Rasa Sakit Yang Bisa Mengatasi Sakit Kepala Hingga Diabetes

Buah kersen (Muntingia calabura), yang memiliki bentuk bulat kecil dan berwarna merah ketika masak , ternyata memiliki daun yang menyimpan banyak khasiat baik. Tanaman kersen sering kita temui di pinggir jalan, bahkan terkadang tumbuh disamping rumah tetangga kita. Buahnya yang lebat, namun manis dan berair ini, menjadikannya buah favorit bagi anak kecil karena mudah didapat. Tanpa banyak orang yang tahu, bahwa daun kersen itu sendiri, sebenarnya menyimpan lebih banyak manfaat ketimbang buahnya.

Manfaat daun kersen yang paling kentara dihasilkan oleh beragamnya senyawa yang di kandung daun tersebut, seperti triterpenoid, flavonoid, tannin, polifenol, dan saponin. Salah satu hasiat yang dihasilkan oleh senyawa-senyawa itu adalah sebagai pereda rasa nyeri dan sakit kepala. Karena senyawa itu bisa berperan sebagai antioksidatif dan antimikroba, dimana senyawa tersebut dapat memblokir rasa sakit (yang kita terima melalui luka atau sengatan lebah misalnya) yang akan dikirimkan ke sumsum tulang belakang, sehingga rasa sakit yang harusnya diterima oleh sel neuron di sumsum tulang belakang akan terasa mereda.

Terdapat juga penelitian yang menyebutkan bahwa daun kersen mengandung semacam senyawa yang mengandung aktifitas anti- DM seperti flavonoid, krisin, isoliquiritigenin dan kalkon, dimana senyawa ini aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Tetapi tetap dihimbau terutama untuk orang yang sudah memiliki sakit tertentu, dalam pengguanaan obat herbal sebaiknya mengkonsumsi obat tersebut atas saran dari dokter yang berpengalaman.