Posted on

Manfaat Pohon Kurma

Apa yang kamu pikirkan saat pertama kali mendengar nama pohon kurma? Buah berwarna coklat yang biasa dimakan oleh umat muslim saat berbuka puasa atau justru buah yang berasal dari Arab? Sejauh yang kita tahu, pohon kurma memang banyak tumbuh di daerah Arab.

Namun, terlepas dari pohon yang hanya tumbuh di daerah Arab, ternyata Kurma adalah salah satu buah yang dijual dalam beberapa daerah. Salah satunya Indonesia. Nah! Mengulas lebih jauh tentang pohon kurma, kira-kira buah yang satu ini bisa digunakan untuk apa saja sih?

Manfaat Pohon Kurma

Daun Kurma

Berbicara mengenai manfaat pohon kurma sendiri sebenarnya tidaklah sedikit. Jampir serupa dengan pohon kelapa yang memiliki segudang manfaat. Bagian daun kurma dapat digunakan untuk tikar, kipass, bahkan keranjang. Sementara bagian pelepah daunnya bisa digunakan untuk membuat sapu.

Kayu Pohon Kurma

Di samping manfaat dari daun pohon kurma, manfaat kayu pohon kurma juga bisa digunakan untuk membuat jembatan. Bukan hanya itu saja, bisa digunakan pula untuk membuat atap, saluran air, bahkan bisa pula dijadikan sebagai kayu bakar.

Getah dan Tandan

Selain daun pohon kurma dan kayu dari pohon kurma, kamu juga bisa memanfaatkan bagian tandan dan getahnya. Terutama pada bagian getah pohon kurma yang berfungsi untuk pembuatan sirup dan bagian tandannya yang bisa digunakan untuk membuat sapu.