Posted on

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil yang Pernah Keguguran

Kehilangan janin yang dikandung tentu sangat menyedihkan. Selain itu, keguguran juga membawa risiko penyakit. Agar tidak kembali mengalaminya, Anda bisa memanfaatkan daun singkong. Apa saja manfaat daun singkong untuk ibu hamil yang pernah keguguran? Simak penjelasannya.

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil yang Pernah Keguguran

Orang Indonesia pasti sudah sangat akrab dengan daun singkong. Selain enak dimakan, daun ini memiliki banyak manfaat, termasuk untuk  ibu hamil yang keguguran. Berikut uraiannya.

  1. Mencegah Anemia

Makanan kaya zat besi sangat disarankan untuk ibu yang keguguran karena kehilangan banyak darah. Daun singkong mengandung zat besi tinggi yang membantu memproduksi sel darah merah untuk mencegah anemia.

  1. Mencegah Kanker Rahim

Proses kuret setelah keguguran bisa membuat seorang ibu berisiko terkena kanker rahim. Untuk mencegahnya, konsumsilah daun singkong yang kaya antioksidan yang merupakan zat antikanker.

  1. Memulihkan Metabolisme

Ibu yang keguguran biasanya mengalami gangguan metabolisme. Untuk itu, dibutuhkan asupan vitamin B yang salah satunya bisa didapat dari daun singkong. Vitamin B membantu pembentukan enzim metabolisme.

  1. Menambah Tenaga

Keguguran menyebabkan ibu menjadi lemah dan imunitasnya menurun. Kandungan zinc pada daun singkong akan membantu Anda memulihkan tenaga dan meningkatkan imunitas.

  1. Mencegah Sembelit

Ibu yang keguguran sering mengeluhkan sembelit. Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi daun singkong. Kandungan serat tinggi merupakan salah satu manfaat daun singkong untuk ibu hamil yang pernah keguguran karena bisa mencegah sembelit.