Posted on

Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Tidak Kembung

 

Kenyamanan bayi adalah yang paling penting untuk bayi. dalam menyusui tentu ibu akan sangat memperhatikan kenyamanan bayi. bayi yang kenyang, masih lapar, terlalu kenyang akan sangat tampak di mata ibu. Oleh karena itu ibu perlu memperhatikan kenyamanan bayi.

Jika bayi kembung setelah disusui selain ketidak nyamanan, kemungkinan bayi menjadi turun nafsu makannya dan bayi menjadi turun berat badannya. Hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Bagi ibu yang tidak menginginkan anaknya kembung setelah disusui sebaiknya ibu menghindari minuman bersoda, alkohol, minuman berkafein, dan makanan yang mengandung gas. Agar bayi tidak kembung maka ibu dapat mengkonsumsi:

Gandum utuh

Gandum merupakan sumber karbohidrat yang tidak mengandung gas. Kandungan serat yang dimiliki juga bagus untuk mencegah kembungnya perut bayi setelah disusui.

Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan bayi, sehingga bayi tidak akan kembung setelah minum ASI. Yoghurt juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi.

Labu

Labu mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan. Serat pada labu juga dapat mengurangi gas yang ada pada perut bayi.

Kacang hijau

Kacang hijau banyak mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. kacang hijau merupakan makanan yang tidak memiliki kandungan gas. Sehingga kacang hijau baik untuk ibu menyusui yang menghindarkan bayinya dari rasa kembung.