Posted on

Gunung Arjuno Via Purwosari

Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung yang paling diminati oleh para wisatawan lokal mauapun luar negeri. Selain karena memang puncaknya yang cantik, gunung arjuno memiliki banyak jalur pendakian yang dapat dilewati para pendaki.

Jalur pendakian Gunung Arjuno Via Purwosari,

Jalur tersebut berasa di Dusun Tambak watu, Kecamatan Purwosati, Malang Jawa Timur. Jalur ini terkenal akan banyaknya situs peninggalan sejarah kerjaan majapahit juga sumber air pun banyak ditemui di beberapa titik pos. Untuk mencapai puncak Arjuno, para pendaki harus siap melewati 7 pos yang tersedia ditambah plawangan.

Pos – pos di Gunung Arjuno,

Pos 1 – Goa Otoboego, jalur ini masih dapat dikatakan landai dengan hutan pinus di kanan dan kiri membuat para pendaki terlindungi dari panasnya sinar matahari. Saat melewati goa ini sesekali akan tercium bau dupa dan sesajen yang diletakkan di beberapa tempat. Pos 2 – Tampuono dan Sendang Dewi Kunti, di pos 2 ini akan nampak beberapa petilasan yang juga dikunjungi oleh para peziarah. Pos 3 – eyang sakri, pos 4 – eyang semar, yang memiliki arca berselimut kain putih juga gubuk dan sumber air yang dapat menjadi tempat istirahat pendaki maupun peziarah. Pos 5- makutoromo, pos 6 – candi sepilar yang memiliki 3 buah arca yang konon menjaga tempat tersebut. Pos 7 – jawa dwipa dan sampailah di puncak ogal- agil yang merupakan akhir dari proses pendakian gunung arjuno.