Posted on

Anda Pencari Kerja? Yuk Simak Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan Menurut Islam

Segera mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi dan posisi yang nyaman adalah impian semua orang. Sayangnya, untuk mendapatkan hal itu tidaklah mudah. Mungkin saja salah satu penyebabnya adalah anda lupa untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sejatinya, usaha dan doa haruslah seimbang. Yuk simak cara mudah mendapatkan pekerjaan menurut Islam di sini!

Tips Segera Mendapatkan Pekerjaan Menurut Islam

  1. Mengerjakan Sholat Sunnah Hajat

Sholat Hajat merupakan salah satu sholat sunnah yang dapat dikerjakan saat anda memiliki sebuah keinginan atau hajat, dalam hal ini contohnya adalah mencari pekerjaan. Keutamaan orang yang sholat hajat adalah keinginan mereka akan dikabulkan oleh Allah dengan jalan terbaik menurut-Nya.

Selain itu sholat hajat juga mendatangkan banyak kebaikan lain dalam hidup pelaksananya. Beberapa hal diantaranya adalah mendapatkan pahala, mendapatkan perasaan tenang, lebih dekat dengan Allah, serta meningkatkan rasa tawakal. Beberapa keutamaan itu membuat sholat hajat sangat istimewa bagi umat muslim.

  1. Membaca Wirid dan Dzikir Setelah Sholat

Tahukah anda bahwa wirid dan dzikir memiliki tujuan berbeda? Wirid dilakukan di waktu dan tujuan tertentu, misalnya saat sholat hajat. Sedangkan, dzikir dilakukan kapan saja dengan tujuan murni untuk mengingat Allah. Meskipun sedikit berbeda, keduanya dapat anda coba karena memiliki manfaat yang sama yaitu diri menjadi lebih dekat dengan Allah.

Dengan rajin melaksanakan wirid dan dzikir, doa anda memiliki peluang yang besar untuk dikabulkan. Alhasil mencari pekerjaan menjadi mudah. Hal ini merupakan bagian dari usaha anda untuk mendapatkan ridho dari Allah. Apabila anda sudah melakukan wirid dan dzikir, hati juga akan merasa tenang dan tidak gelisah.

  1. Membaca Doa Agar Diterima Kerja

Berdoa dengan hati yang tulus adalah salah satu langkah yang bisa anda gunakan agar lebih cepat mendapatkan pekerjaan. Sebelum berdoa, anda harus tahu bagaimana tata cara berdoa yang baik. Beberapa diantaranya adalah sebisa mungkin dalam kondisi suci terlebih selesai sholat, menengadahkan tangan, dan didahului oleh memuji Allah serta mengakui kesalahan diri.

Langkah yang telah disebutkan tadi dipercaya dapat meningkatkan peluang agar doa yang anda inginkan dapat terkabul. Contoh doanya juga mudah untuk ditemukan di Internet. Apabila anda tidak dapat menggunakan bahasa arab dan kesulitan menghafalnya, maka tidak masalah untuk menggunakan bahasa Indonesia saja.

  1. Tawakal Kepada Allah

Setelah berusaha dengan keras, langkah selanjutnya adalah anda harus bertawakal. Bagi anda yang belum tahu, tawakal merupakan sebuah perbuatan menyerahkan segala perkara, ikhtiar, dan usaha kepada Allah. Beliau adalah Yang Maha Kuasa dan Maha Mengetahui, sehingga apapun keputusan yang telah diberikan kepada anda adalah jalan yang terbaik.

Rasa tawakal ini dapat menghindarkan diri anda dari rasa depresi. Berusaha berulang kali namun tidak kunjung mendapatkan pekerjaan memang sangat melelahkan. Akan tetapi, anda harus ingat bahwa takdir ada di tangan-Nya. Lantas, anda sebagai manusia hanya perlu berusaha dengan cara yang baik dan benar.

  1. Tidak Bermalas Malasan

Cara mudah mendapatkan pekerjaan menurut Islam yang selanjutnya adalah tidak bermalas malasan. Meskipun sudah mengirimkan banyak surat lamaran, anda harus terus berusaha sampai mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Anda harus ingat bahwa tidak ada usaha yang sia sia. Langkah itulah yang akan membawa kesuksesan di kemudian hari.

Selain cara yang telah disebutkan tadi, anda juga harus mawas diri. Bisa saja berkas yang selama ini dikirim tidak sesuai dengan ketentuan. Ngomong ngomong soal mengirim lamaran, saat ini banyak instansi yang menggunakan email sebagai media seleksinya. Oleh karena itu anda harus tahu cara kirim lamaran lewat email yang baik dan benar agar lebih peluang diterima semakin besar.