Posted on

Cara Mencuci Sepatu yang Benar

Sepatu? Siapa sih yang tidak mengenal sepasang benda yang digunakan untuk alas kaki? Sepatu pada dasarnya serupa dengan sendal, berguna untuk melindungi kaki. Hanya saja sepatu lebih tertutup.

Meskipun digunakan sebagai alas kaki dan sering terkena debu serta kotoran, sepatu juga sering kali dicuci oleh penggunanya. Nah! Jika kamu punya sepatu, tahukah bagaimana cara mencuci yang baik dan benar? Berikut penjelasannya!

1. Sesuaikan dengan Bahannya

Tahukah kamu? Mencuci sepatu tidak bisa sembarangan, lho! Utamakan metode pencucian sepatu sesuai dengan bahan, ya! Jika kamu mengetahui bahan sepatu, maka sepatu dapat dengan mudah dirawat dan jelasnya lebih awet.

2. Tidak Langsung di Rendam

Mencuci sepatu selain diawali dengan mengetahui jenis bahannya juga akan sangat penting bagi kamu untuk tidak merendamnya. Dalam metode awal, kamu bisa menyikat sepatu bagian luar kemudian jemur sampai kering.

3. Bersihkan Bagian Sol

Setelah menggunakan cara  cuci kering kamu bisa beralih ke metode pencucian yang lain. Yakni dengan cara mencuci bagian solnya. Nah! Pencucian sol sepatu juga bisa kamu sikat di bagian luarnya saja.

4. Hindari Paparan Matahari

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahan sepatu berbeda-beda. Nah! Kamu ingin sepatunya lebih awet? Tips dan trik kaki adalah supaya kamu tidak menjemurnya secara langsung di bawah paparan sinar matahari. Langsung jemur supaay kena angin saja, dan biarkan air netes.