Posted on

Berbagai Manfaat Biji Kelor yang Perlu Anda Tahu

Tanaman kelor merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan sebagai obat. Hal tersebut tidak lain karena adanya kandungan zat aktif yang dapat mengatasi berbagai masalah di tubuh. Terlebih ada banyak juga manfaat yang diperoleh dari bijinya. Lantas apa saja manfaat dari biji tanaman kelor tersebut? Berikut diantaranya:

  1. Membuat tidur nyenyak

Saat Anda sulit untuk tidur lebih nyenyak, maka tidak ada salahnya untuk membuat rebusan biji tanaman kelor ini selama 1 jam. Kemudian konsumsi sebelum tidur agar nantinya diperoleh waktu tidur yang jauh lebih nyenyak. Tidak hanya itu saja, pasalnya air rebusan tersebut juga akan membuat tubuh semakin berenergi di esok harinya.

  1. Menurunkan tekanan darah

Seperti yang diketahui bahwa tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah jantung. Tentu saja sangat penting untuk menurunkan tekanan darah tersebut kemudian menjaganya agar tetap stabil. Biji tanaman ini sendiri dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dengan cara merebusnya.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Siapa yang menyangka jika biji kelor ternyata dapat juga dimanfaatkan dalam hal kecantikan. Adanya kandungan antioksidan dalam biji tersebut dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. Terlebih jika bijinya sudah diekstrak dapat menjadikan kulit lebih lembab secara alami.

  1. Menurunkan gula darah

Ternyata kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh juga bisa diturunkan dengan menggunakan biji tanaman kelor. Tentu saja tanaman ini sangat cocok bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengkonsumsi rebusan dari biji kelor. Ternyata untuk mendapatkan tubuh lebih sehat tidak diperlukan biaya yang mahal. Pasalnya, kelor merupakan tanaman asli Indonesia yang murah dan mudah ditemukan.