Posted on

3 Objek Wisata Air Jogja Yang Menyenangkan

Selain terkenal sebagai wisata budaya, Jogja juga memiliki wisata air yang tak kalah menarik untuk dipilih pada paket wisata jogja. Berikut akan kami bagikan 3 wisata air di Jogja yang bisa dijadikan referensi liburanmu.

1. Jogja Bay Pirates Adventures Water Park -Sleman

Wisata air ini merupakan waterpark tematik baru yang terdapat di Maguwohargjp, Sleman. Tempat wisata ini sangat luas tercatat total luas areanya 7 Ha.

Selain luas, wisata ini juga memiliki 19 wahana permainan air yang bisa dijadikan pilihanmu. Mulai dari Memo Racer yang memiliki 8 lintasan luncur, Bekti Adventure, Volcano coaster, Harbour Theater dan lain-lain.

Tempat wisata air yang belum lama dibuka ini juga merupakan taman wisata air yang mengusung tema bajak laut perpaduan unsur Jawa dan Eropa.

Selain memiliki wahana yang banyak, tempat ini juga dilengkapi dengan adanya fasilitas toko merchandise yang bergaya pirates, restoran serta cafe-cafe.

Jogja Bay dibuka mulai pukul 09.00 sampai pukul 17.00 pada saat weekdays. Sedangkan jika weekend akan dibuka mulai pukul 08.00.

Untuk menikmati wahana yang ada di Jogja Bay kita hanya membayar Rp 50.000, namun ada juga pilihan paket lain yang menarik.

2. Goa Pindul – Gunung Kidul

Ingin menikmati wisata air dengan sensasi alam? Datanglah ke Goa Pindul yang ada di desa Bejiharjo tepatnya di Kecamatan Karangmojo Gunung Kidul.

Untuk dapat menikmati keindahan Goa Pindul ini, maka kita bisa menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung. Selanjutnya kita tinggal menikmati aliran sungai yang ada di bawah tanah dalam Gua atau yang disebut dengan Cave Tubing.

Bagi kita yang baru pertama kali menyusuri Goa ini tak perlu takut, karena disini sudah ada pemandu profesional untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Untuk menikmati keindahan Goa Pindul ini, kita hanya perlu membayar Rp 40.000 saja, namun selain itu juga masih ada beberapa paket wisata lainnya.

Nah apabila kita memilih paket yang Rp 40.000 tersebut, maka kita bisa mendapatkan perlengkapan tubing yang berupa ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet serta headlamp.

3. Air Terjun Sri Gethuk – Gunung Kidul

Wisata air selanjutnya yang ada di Jogja yaitu Air terjun Sri Gethuk. Air Terjun dengan tinggi 50 meter ini berasal dari tiga sumber mata air. Mata air tersebut diantaranya adalah mata air Ngandong, Dong Poh serta Ngumbul kemudian mengalir ke Sungai Oyo.

Selain dinamakan dengan Air Terjun Sri Gethuk, air terjun ini juga memiliki nama lain yaitu Air Terjun Slempret.

Nama tersebut berkaitan dengan mitos yang ada di masyarakat. Mitos tersebut tentang raja jin Anggo Meduro yang menyukai gamelan jawa. Nah dipercaya di dalam air terjun tersebut tersimpan alat musik gamelan.

Dan pada waktu-waktu tertentu, masyarakat sekitar mendengar alunan suara gamelan dari dalam air terjun tersebut. Namun apabila didekati maka suara gamelannya akan menghilang.

Air terjun sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran yang ada di Desa wisata Bleberan di kecamatan Playen Gunung Kidul.

Sayangnya untuk menuju ke air terjun ini aksesnya cukup jauh. Namun kita disediakan dua pilihan dengan tracking sejauh 450 meter atau menyusuri sungai Onyo dan membayar tarif Rp 10.000 untuk pulang pergi.

Itulah beberapa wisata air yang ada di Jogja. Kamu bisa memilih tempat tersebut untuk berwisata bersama keluarga atau teman. Jadi tunggu apa lagi? Yuuk langsung ke sana.