Posted on

Tips Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tetap Mempesona

Dalam beberapa waktu belakangan ini, ikan cupang naik daun dan menjadi salah satu ikan hias yang banyak dipelihara di rumah. Bahkan sebagian besar orang tertarik untuk mengembangbiakkannya karena memiliki nilai jual yang cukup bagus. Selain memelihara, Anda sebagai pemilik juga harus memahami cara merawat ikan cupang agar tetap mempesona di pandang.

Warna pada sirip dan ekor menjadi kunci mempesonanya ikan cupang. Untuk tetap sehat dan lincah, perawatan ikan cupang harus maksimal. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jadikan langkah jitu untuk merawat ikan hias unik dan menarik ini.

4 Cara Merawat Ikan Cupang

Jaga Kebersihan Wadah

Wadah ikan cupang harus selalu diperhatikan. Dengan memiliki habitat yang besih tentu saja ikan akan nyaman tinggal didalamnya. Setidaknya akuarium, soliter atau toples yang digunakan selalu rutin dibersihkan. Hindari kotoran ikan mengumpul dibagian bawah wadah dengan rajin menyedot atau mengurasnya beberapa hari sekali.

Jaga Kualitas Air

Ikan cupang sangat mudah sekali menyesuaikan diri dengan kondisi air tempatnya hidup. Tapi untuk menghindarkan dari jamur dan bakteri, air juga harus diperhatikan. Berikan garam ikan dan daun ketapang (ekstrak atau alami) dengan mencampurkannya ke dalam air. Kombinasi ketiganya akan membuat PH air bisa terjaga, amoniak dari sisa makanan pun tidak akan mudah merangsang penyakit tumbuh di ikan cupang.

Memberikan Tanaman Air

Pada sebuah wadah pemeliharaan ikan cupang bisa dikasih tambahan berupa tumbuhan hidup. Fungsinya adalah untuk menyerap amoniak dalam kandungan air. Jika memelihara di dalam akuarium silahkan memilih jenis tanaman air yang biasanya diperjual belikan di toko ikan hias. Apabila memelihara di kolam bisa memberikan tanaman enceng gondok, ganggang dan teratai.

Memperhatikan Makanan

Untuk kesehatan ikan cupang dibutuhkan makanan yang mengandung protein dan gizi. Makanan hidup lebih baik disbanding pelet ikan yang cenderung menimbulkan amoniak dalam air. Berikan saja kutu air, cacing sutra, cacing darah, jentik nyamuk dan cacing beku. Semua jenis makanan ini selain membuat sehat ikan juga akan merangsang warna ikan semakin cerah.

Itulah beberapa cara merawat ikan cupang yang bisa Anda terapkan dirumah. Semoga dengan memperhatikan semuanya, semua ikan Anda semakin cepat besar, indah dan mempesona.