Posted on

Tidak Hanya Buahnya, Berikut 3 Manfaat Daun Belimbing

Anda tentu sudah tidak asing dengan buah belimbing yang berbentuk seperti bintang tersebut. Namun, masih banyak orang yang belum tahu jika daun belimbing memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Yuk intip apa saja manfaat daun belimbing yang bisa anda dapatkan!

Manfaat dari Daun Belimbing yang Jarang Diketahui

  1. Dapat Menjadi Obat Untuk Berbagai Penyakit

Siapa sangka jika daun belimbing telah dijadikan obat sejak Dinasti Tiongkok dan warga pedalaman hutan Brasil. Daun belimbing ini dipercaya dapat menjadi obat dari berbagai penyakit, mulai dari jerawat hingga nyeri sendi. Salah satunya adalah kandungan etanol yang bisa menjadi obat batuk.

  1. Sebagai Antibakteri

Selain dapat menjadi obat untuk berbagai jenis penyakit, daun dari pohon belimbing ini juga bersifat antibakteri. Hal ini dikarenakan adanya senyawa turunan butanol, etil asetat, dan flavonoid di dalam daun belimbing yang tinggi. Senyawa inilah yang membuatnya menjadi antibakteri yang sangat baik.

  1. Mengatasi Keluhan Nyeri Sendi

Manfaat ini diperoleh dari kandungan tanin, saponin, dan alkaloid yang cukup tinggi di dalam daun belimbing. Kandungan ini memiliki efek yang sangat baik untuk mengatasi keluhan nyeri sendi, bahkan yang sudah menahun. Anda cukup merebus dan meminum air rebusannya.

Selain buahnya yang kaya akan manfaat, daun dari belimbing juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tidak heran jika daun ini sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu kala. Pasalnya, banyak khasiat yang tersembunyi di balik daun pohon belimbing ini.