Posted on

Ternyata Ini Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Pernah Hamil Ektopik

 

 

Istilah kehamilan ektopik mulai banyak dibicarakan meski belum banyak yang tahu maksudnya. Kehamilan ektopik sebetulnya merupakan kehamilan yang berkembang pada saluran tuba falopi alias area lain diluar rahim. Kondisi tersebut jelas berbahaya karena dapat menjadi penyebab masalah pada organ reproduksi. Umumnya perawatan kehamilan ektopik perlu tindakan operasi, tetapi beresiko rusaknya tuba falopi. Itulah sebabnya selain operasi bisa pula dilakukan perawatan memakai obat Methotrexate. Obat tersebut dapat membuat pembelahan sel yang tumbuh pada tuba falopi terhenti hingga sel tersebut diserap oleh tubuh lalu hilang.

Tetapi pasca memakai obat tersebut ada makanan yang tidak boleh dimakan. Berikut ini adalah berbagai macam makanan yang dilarang dikonsumsi ibu hamil yang sudah pernah hamil ektopik tanpa melalui meja operasi.

  1. Brokoli

Brokoli termasuk makanan yang memiliki kandungan senyawa yang bisa menghasilkan gas mirip seperti alkohol. Makanan satu ini bisa merusak efek dari obat sehingga sel bisa berkembang lagi menjadi sel kanker.

  1. Kangkung

Kangkung juga memiliki efek yang tak jauh berbeda dengan brokoli dimana efek obat akan hilang setelah memakan kangkung. Sehingga jika tidak disadari dan dilakukan terus menerus akan mengakibatkan sel kanker tumbuh kembali.

  1. Kacang tanah

Makanan berikut in terbilang sulit dihindari namun tetap harus dijadikan pantangan. Pasalnya jenis kacang satu ini mempunyai lemak berlebih sehingga dapat mengacaukan sistem hormon yang ada di dalam tubuh.