Posted on

Tambang Minyak Bumi di Indonesia

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang disebut sebagai tanah surga karena menyimpan kekayaan yang sangat melimpah. Kekayaan ini mulai dari sumber daya alam yang sangat banyak mulai dari yang bisa diperbarui hingga yang tidak bisa diperbarui. Terbukti sudah banyak tambang minyak bumi di Indonesia, selain itu menjadi incaran para penjajah.

Kekayaan Indonesia masih banyak dan beragam dan dikenal di seluruh dunia, salah satunya sumber tambang minyak bumi. Memang banyak juga negara timur tengah penghasil minyak bumi. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai daerah tambang penghasil minyak bumi di Indonesia.

Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia

Sebagai negara yang subur makmur, tongkat dan kayu saja di Indonesia bisa menjadi tanaman. Di Indonesia tanahnya banyak mengandung barang tambang dan mineral salah satunya minyak bumi.

Minyak bumi sendiri merupakan salah satu hasil tambang yang tidak bisa diperbarui. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai daerah penghasil tambang minyak bumi di Indonesia. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Wonokromo, Jawa Timur

Di wilayah Wonokromo ini menghasilkan 52.616 barrel dengan rincian 52.290 minyak mentah dam 326 kondensat. Wilayah Wonokromo ini meliputi blok Tuban, Cepu, Madura Barat, Gresik, Brantas, dan Kangean.

  1. Kepulauan Natuna di Riau

Kepulauan Natuna ini memiliki lautan dengan luas 95% dari daratan. Memang luas daratannya lebih kecil namun disini anda akan menemukan kandungan minyak bumi yang melimpah. Selain minyak bumi, di kepulauan Riau ini juga memiliki cadangan gas yang banyak.

Di kepulauan Riau ini terdapat 3 block offshore yang mengelola minyak bumi. Ketiganya kalau digabungkan mampu menghasilkan minyak 59210 barrel dan kondensat 2.365 barrel perhari. Melihat kandungan minyak bumi yang melimpah, tidak heran banyak perusahaan yang ikut mengelola sumber daya alam di Riau.

  1. Balikpapan, Kalimantan Timur

Penghasil minyak bumi selanjutnya ada di Balikpapan, Kalimantan Timur. Memang kandungan minyak bumi yang ada di Balikpapan ini tidak sebesar yang ada di Kepulauan Riau.

Lokasi pengeboran minyak bumi ini berlokasi di Sanga-Sanga, Kutai, Blok Mahakam, dan Mamburungun. Saat ini sudah banyak perusahaan tambang minyak bumi yang sudah mengelolanya.

  1. Sungai Gerong, Sumatera Selatan

Tidak mau ketinggalan di Sumatera Selatan, tepatnya di Sungai Serong juga mengandung tambang minyak bumi. Lokasi perminyakan di Sumatera ini ada di Pendopo Raja, Rimau Lematang, dan Ogan Komering. Di lokasi ini mampu menghasilkan minyak mentah 30.710 barrel dan kondensat 10.339 barrel.

  1. Babo, Papua

Lokasi penghasil tambang minyak bumi selanjutnya ada di Babo, Papua. Dimana di lokasi ini mampu menghasilkan minyak mentah 8243 barrel dan kondensat 6568 barrel.

Melihat potensi kekayaan alam bawah tanah di Indonesia, anda bisa menggunakan Jasa Survey Georadar untuk mengetahui endapan plaser, struktur, stratigrafi, dan endapan mineral. Jadi dengan menggunakan metode geofisikia bisa mengetahui sigat kelistrikan pada lapisan batuan dengan injeksikan arus listrik di dalam tanah.

Jadi menggunakan jasa survey ini bisa memeriksa utilitas bawah tanah untuk mengidentifikasi pipa bawah dan mencari kandungan batuan untuk eksplorasi tambang. Selain itu juga digunakan untuk mencari ketersediaan air tanah.

Demikianlah penjelasan mengenai lokasi penghasil tambang minyak bumi terbesar di Indonesia. Melihat banyaknya titik lokasi penambangan minyak bumi, menunjukkan Indonesia kaya sumber daya alamnya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda akan tambang minyak bumi di Indonesia.