Posted on

Pentingnya Asam Folat Untuk Cegah Cacat Lahir Spina Bifida

Perlu Anda ketahui, manfaat asam folat bagi ibu hamil ternyata perlu ditelusuri. Pasalnya, tidak sedikit ibu hamil masih awam mengenai pentingnya asam folat selama masa kehamilan. Untuk itu, ketahui manfaat asam folat melalui ulasan berikut ini.

Tidak dipungkiri, meskipun masih terdengar asing di telinga, asupan asam folat bagi ibu hamil tidak bisa disepelekan begitu saja. Sebab, asam folat memegang peranan penting untuk mencegah bayi cacat lahir. Benarkan demikian?

Memang betul, asam folat efektif untuk menghindari terjadinya spina bifida. Yakni kondisi bayi yang terlahir cacat dengan adanya celah pada tulang belakang dan saraf tulang belakangnya.

Bahayanya, bayi dengan kondisi spina bifida besar kemungkinannya akan mengalami berbagai komplikasi berbahaya. Seperti susah berjalan, tumbuh kembangnya terhambat, infeksi otak dan saraf tulang belakang, bahkan cacat permanen.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi asam folat selama mengandung. Yakni dengan jumlah yang direkomendasikan bagi ibu hamil sebanyak 400 mikrogram per hari.

Lalu, bagaimana cara mendapatkannya? Tak usah khawatir, sumber asam folat bisa diperoleh dengan sangat mudah.

Sebab, asam folat bisa didapat dengan mengonsumsi aneka sayuran berwarna hijau seperti bayam dan brokoli. Serta, bisa juga melalui buah-buahan berwarna hijau atau kuning. Misalnya jeruk dan pepaya.

Demikian ulasan tentang pentingnya asam folat bagi ibu hamil. Karena mengonsumsi asam folat bisa mencegah terjadinya cacat lahir, khususnya spina bifida. Jadi, jangan lupa konsumsi asam folat sesuai dosis yang dianjurkan.