Posted on

Contoh Penggunaan Past Progressive Tense

Past progressive tense adalah sebuah tense untuk menjelaskan sesuatu yang sedang berlangsung di masa lalu hingga momen sekarang. Kalimat ini juga menjelaskan sesuatu yang sedang berlangsung di batasan waktu masa lalu. Tenses ini juga dikenal dengan nama past continuous tense.

Subjek kalimat menempatkan diri di masa lalu dan menjelaskan pekerjaan yang sedang berlangsung saat itu. Contohnya seperti kalimat “aku sedang makan saat itu” diterjemahkan menjadi “I was eating.”

Rumus Kalimat Past Progressive Tense

Rumus kalimat ini terbagi untuk kalimat affirmative, negative, dan interrogative. Berikut rumus lengkapnya.

Affirmative: Subject + was/were + present participle + O

Negative: Subject + was/were + not + present participle + O

Interrogative: Was/were + subject + present participle + O + ?

Penggunaan to be was dan were dibedakan berdasarkan subjeknya. Subjek tunggal seperti I, she, he, dan it diikuti oleh was, sedangkan subjek jamak we dan they serta subjek you menggunakan were.

Present participle mengacu pada verb bentuk pertama yang ditambahkan akhiran –ing untuk menyatakan kegiatan sedang berlangsung. Umumnya kata-kata kerja tinggal diberi akhiran –ing tanpa aturan lain. Namun untuk beberapa kata khusus, penambahannya tidak sekadar –ing.

Misalnya kata berakhir –e yang didahului huruf konsonan, maka penulisan dengan menghilangkan huruf –e baru ditambahan –ing. Contohnya kata coming, writing, dan lain sebagainya.

Untuk kata dengan satu suku kata, huruf terakhirnya diulang sebelum ditambahkan –ing, contohnya cutting, jogging, dan lain-lain. Masih banyak aturan lain yang harus diperhatikan agar tidak salah menulis.

Tense kalimat ini umumnya digunakan untuk menjelaskan tiga hal. Pertama untuk menyatakan sebuah aktivitas di masa lalu yang terganggu oleh hal lain. Contoh kalimatnya:

They were sleeping when the earthquake happened.

Fungsi kedua adalah untuk menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung saat kejadian lain terjadi. Contoh penerapannya di kalimat sebagai berikut:

While he was sleeping, I painted the door.

Fungsi terakhir Past Progressive Tense yang biasa digunakan adalah menjelaskan dua kejadian yang terjadi bersamaan. Contohnya seperti kalimat di bawah ini:

I was cooking while he was doing the chores.

Kegiatan yang dijadikan keterangan penjelas kalimat juga menggunakan bentuk masa lalu karena past progressive tense menjelaskan kejadian di masa lampau. Bentuk kalimatnya bisa simple past tense atau past progressive tense juga, dengan verb bentuk ketiga atau past participle.

Contoh Kalimat Past Progressive Tense

Untuk membantu memahami bentuk kalimat ini, di bawah ini adalah tabel contoh kalimatnya dalam bentuk affirmative, negative, dan interrogative. Subject yang dipakai ada I, you, we/they, dan she/he/it.

Arti Affirmative Negative Interrogative
Aku sedang mengerjakan PR. I was doing homework. I was not doing homework. Was I doing homework?
Kamu sedang menonton film ketika hujan mulai turun. You were watching the movie when it started to rain. You weren’t watching the movie when it started to rain. Were you watching the movie when it started to rain?
Mereka sedang bermain, sementara kita memasak. They were playing while we were cooking. They weren’t playing while we were cooking. Were they playing while we were cooking?
Dia sedang menggambar sepanjang hari saat itu. She/ he was painting all day that time. She/ he was not painting all day that time. Was she/ he painting all day that time?

 

Secara singkat, past progressive tense adalah kalimat bahasa Inggris yang menunjukkan dua jenis kegiatan. Pertama kejadian yang sedang berlangsung dari masa hingga sekarang dan kedua, kejadian yang sedang berlangsung saat itu.

Untuk belajar dan paham bahasa Inggris, Anda bisa ke laman Inggrism yang menyediakan banyak pembahasan mulai dari listening, speaking, reading, dan writing.