Posted on

Pahit Namun Bermanfaat, Ini Dia Khasiat Madu Hitam

Jika mendengar kata madu maka apa yang akan terfikirkan pertama kali adalah rasanya yang manis. Namun tahukah kamu jika terdapat madu yang rasanya pahit? Ya, madu tersebut adalah madu hitam yang lebih dikenal dengan sebutan madu pahit karena memang rasanya pahit.

Meskipun cita rasa yang dimiliki madu hitam ini pahit, namun khasiat madu hitam tidak kalah popular loh dengan madu biasa. Sebab, madu hitam juga memiliki segudang manfaat yang sangat menyehatkan tubuh. Beberapa manfaatnya sebagai berikut:

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Flavonoid merupakan salah satu senyawa dalam madu yang menjadi sistem pertahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Selain bersifat antioksidan, senyaawa flavonoid juga membantu melancarkan sistem sirkulasi darah.

  1. Sebagai anti inflamasi

Kandungan alkaloid pada madu hitam bermanfaat sebagai anti inflamasi atau mengatasi peradangan. Jika peradangan dapat diatasi, semua sel-sel dalam tubuh akan bekerja dengan baik.

  1. Cocok untuk penderita diabetes

Karena rasanya pahit akibat kandungan glukosanya yang rendah, maka madu hitam sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sedangkan kandungan alkaloid pada madu hitam juga membantu menurunkan kadar gula dalam darah penderita diabetes.

  1. Mengatasi maag

Siapa sangka jika ternyata khasiat madu hitam juga dapat mengobati penyakit maag. Terutama ketika gejala-gejala maag seperti mual hingga nyeri yang tibba-tiba muncul.