Posted on

Mengupas 3 Kuliner Khas Jambi yang Menggoyang Lidah

Kian hari Jambi kian menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, pemerintah setempat terus melakukan pengembangan berbagai sektor wisata, seperti sejarah, alam, dan tentunya kuliner. Hal yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Jambi adalah mencicipi kuliner khasnya. Yuk kenali kuliner khas Jambi berikut!

Kuliner Khas Daerah Jambi yang Wajib Dicoba

  1. Tempoyak

Kuliner pertama yang bisa anda coba adalah tempoyak. Tempoyak merupakan olahan dari buah durian yang difermentasi, sehingga memiliki cita rasa yang unik dan khas. Umumnya, makanan ini dinikmati bersama nasi putih. Namun, ada pula yang menggunakannya sebagai bumbu tambahan sambal atau gulai.

  1. Gulai Tepek Ikan

Meski memiliki nama gulai, sajian ini sedikit berbeda dengan gulai pada umumnya. Ikan yang menjadi bahan dasar makanan ini terlebih dahulu diolah dengan tepung sagu dan bawang putih hingga mirip dengan pempek, sehingga disebut tepek. Tepek ini selanjutnya disiram dengan kuah gulai.

  1. Kerutup Ikan

Kuliner selanjutnya yang tidak kalah nikmatnya adalah kerutup ikan. Sebagian besar makanan Jambi memang hasil olahan ikan. Kerutup ikan menggunakan bahan dasar ikan air tawar, seperti nila, mas, dan gurame. Ikan ini diberi bumbu khusus dan digoreng bersama daun kunyit.

Anda juga bisa menikmati sajian lain, seperti nasi gemuk dan daging masak itam. Semua kuliner khas dari Jambi ini memiliki cita rasa luar biasa yang akan menggoyang lidah anda. Pastikan anda tidak melewatkan kesempatan mencicipi sajian khas Jambi ketika berkunjung  ke sini.