Posted on

Mengenal Efek Samping Menstruasi, Wanita Wajib Tahu

Menstruasi atau yang dikenal juga dengan haid adalah suatu proses pengeluaran darah kotor yang terjadi pada tubuh wanita melalui alat kelaminnya. Biasanya menstruasi ini akan rutin terjadi pada setiap bulannya. Berikut adala beberapa efek menstruasi pada tubuh seorang perempuan.

Beberapa Efek Samping dari Menstruasi

  1. Perubahan Suasana Hati

Saat seorang wanita sedang haid, biasanya akan berpengaruh juga pada suasana hatinya. Ia akan lebih mudah marah dan juga emosi. Hal ini bisa terjadi karena adanya efek kram ataupun nyeri pada perutnya yang sangat menyiksa.

  1. Jerawat

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang paling umum terjadi pada seorang wanita. Terlebih lagi, jika ia akan mengalami haid, maka beberapa hari sebelumnya ada kemungkinan kulitnya akan mengeluarkan jerawat sebagai tanda dari menstruasi itu sendiri.

  1. Kurangnya Nafsu Makan

Perubahan suasana hati seorang perempuan yang sedang haid juga bisa mempengaruhi tingkat nafsu makannya. Nafsu makan bisa jadi menurun karena memang ia tidak berhasrat melakukan kegiatan apapun saat ia sedang berada di masa menstruasi.

  1. Suara Berubah

Terjadinya perubahan suara juga merupakan salah satu efek menstruasi pada tubuh. Hal ini telah diungkapkan oleh banyak penelitian yang ada. Apabila suara wanita yang sedang haid direkam dan rekamannya diputar, maka suara terdengar berbeda dan berubah.

Masa Menstruasi adalah salah satu hal yang menjengkelkan bagi para wanita. Hal ini karena efek samping yang diberikannya sehingga bisa mempengaruhi tubuh mereka. Oleh karena itu, mau tidak mau mereka harus siap menghadapinya.