Posted on

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Buah pisang merupakan buah yang dianjurkan sebagai makanan ringan maupun untuk menu diet karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Buah pisang juga dianjurkan untuk ibu hamil karena buah ini mengandung kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi ibu hamil.

Berikut ini manfaat pisang untuk ibu hamil.

  1. Mencegah anemia

Anemia atau kurang darah merupakan kondisi yang cukup umum dialami oleh ibu hamil. Pada ibu hamil, anemia harus segera ditangani karena dapat menyebabkan komplikasi pada tahap akhir kehamilan dan persalinan.

Pisang mengandung sekitar 3 persen zat besi dalam 225 gram buah pisang yang dapat membantu proses pembentukan komponen darah, yaitu hemoglobin.

  1. Mengatasi sembelit dan membantu pencernaan

Pisang mengandung serat yang dapat mengatasi sembelit. Kandungan serat pada setiap buah pisang sekitar 6 gram. Selain mengatasi sembelit, pisang juga dapat membantu pencernaan karena mengandung antasid yang dapat menekan sekresi asam. Kandungan pektin yang ada di dalamnya juga membantu menormalkan pencernaan.

  1. Membantu pembentukan antibodi

Di samping serat, pisang juga kaya protein yang dapat menjadi sumber kalori sekaligus membantu pembentukan antibodi pada ibu hamil dan janinnya. Untuk hasil yang maksimal, ibu hamil dapat menikmati pisang bersama oatmeal.

  1. Menyeimbangkan tekanan darah

Pisang mengandung kalium yang dapat menyeimbangkan tekanan darah ibu hamil yang umumnya berfluktuasi.