Posted on

Manfaat Daun Semanggi

Anda mungkin tidak asing lagi dengan daun Semanggi. Ternyata, memiliki banyak khasiat bahkan adakalanya daun ini dijadikan mitos keberuntungan. Berikut manfaat daun Semanggi.

Manfaat Daun Semanggi

  1. Dipercaya sebagai Pembawa Keberuntungan

Bagi yang mempercayainya, daun Semanggi konon adalah daun pembawa keberuntungan. Apalagi kalau daun semanggi yang jumlah kelopaknya ada empat.

Bagi yang menemukan dan menyimpanya, hidupnya bakal dipenuhi keberuntungan. Sebuah legenda menyatakan daun Semanggi berkelopak empat semakin dicari maka keberadaanya makin langka. Namun mengenai kebenaran tergantung individu masing masing.

  1. Manfaat Daun Semanggi Untuk Kesehatan

Selain dari sisi mitos, daun semanggi punya banyak  manfaat nyata untuk kesehatan. Anda mungkin pernah mencicipi daun Semanggi yang rasanya manis tapi agak sejuk dan pedas, ini berkat banyaknya kandungan senyawa didalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat daun Semanggi untuk kesehatan

  1. Digunakan Untuk penyembuhan bagi penderita sakit pengecilan hati

Manfaat daun semanggi bagi kesehatan yang pertama yakni  bermanfaat untuk penyembuhan pengecilan hati. Hati adalah organ vital yang harus terjaga kesehatannya sebagai pemroses detoksifikasi.

Penderita penyakit pengecilan hati bisa coba membuat ramuan dari daun Semanggi, minumlah secara teratur dalam beberapa Minggu.

  1. Mengobati infeksi saluran kencing

Olahan ramuan dari daun semanggi juga bisa obati infeksi saluran kencing. Untuk cara konsumsinya adalah olahan tersebut dijadikan minuman sekali habis. Sebelum diolah, jangan lupa cuci hingga bersih daun Semanggi sehingga aman dan tidak berefek samping.

  1. Mengobati amandel

Manfaat makan daun semanggi lainnya yakni bisa  obati penyakit amandel. Cara pemakaiannya mudah. Tinggal sediakan daun Semanggi lalu membukanya. Kemudian beri sedikit air lalu diperas. Untuk hasil yang maksimal,  minumlah air perasan daun semanggi ini secara teratur.

  1. Mengobati batuk dan sesak nafas

Manfaat daun Semanggi lainya, adalah untuk obati sesak napas dan batuk. Cara penggunaanya hampir sama dengan mengobati penyakit lain. Bedanya, jika mengobati batuk dan sesak napas dengan daun Semanggi, maka air perasan daun ini diminum saat dingin. Dan meminumnya hanya sekali dalam sehari.

Dengan mengkonsumsi daun Semanggi secara teratur, beberapa penyakit seperti disebut diatas akan sembuh. Namun demikian, tidak dibolehkan mengkonsumsi berlebihan atau dijadikan sebagai pengganti obat dari dokter. Sebab pengobatan alternatif bukan pengganti pengobatan medis. Maka, sebaiknya selalu berkonsultasi dengan ahlinya jika mengalami gangguan atau sakit berlanjut agar mendapatkan penanganan tepat.