Posted on

Manfaat Buah Jambe

Buah jambe atau yang biasa disebut dengan nama panggilan buah pinang biasanya digunakan oleh masyarakat khususnya para orang tua untuk menguatkan gigi dengan cara dikunyah bersamaan dengan rempah lainnya. Di samping itu buah jambe bermanfaat untuk :

1. Baik Untuk Kesehatan Gigi

Buah jambe dipercaya dapat membantu kita untuk mengurangi kadar bakteri yang bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang.  Oleh Karena itu tidak heran jika orang zaman dulu memiliki kebiasaan mengunyah jambe ketika mereka sedang duduk – duduk santai di depan rumah.

2. Mengatasi Mulut Kering

Kebiasaan mengunyah buah jambe ternyata juga memberikan manfaat tambahan bagi mereka yang memiliki mulut yang kering. Hal ini karena dengan mengunyah buah jambe maka akan membantu menjaga kesehatan mulut dengan cara memicu keluarnya air liur.

3. Meredakan Depresi

Buah jambe memiliki manfaat lain yaitu untuk meredakan gejala depresi. Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang mengalami kesehatan mental. Pasalnya, buah jambe memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar hormon kortisol yang merupakan penyebab utama dari terjadinya stress.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Buah jambe mengandung tannis yang dinilai bisa menurunkan tekanan darah. selain itu buah jambe juga digunakan untuk membantu mengurangi keseimbangan  kadar zat besi yang mana zat besi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah terjadinya anemia seseorang.