Posted on

Kenali Manfaat Keju untuk Ibu Menyusui dan Bayi

Keju merupakan makanan hasil fementasi susu. Rasanya perpaduan antara gurih dan asin.  Karena terbuat dari susu, manfaat keju juga kurang lebih sama dengan susu. Pada hakekatnya, ibu menyusui hampir sama dengan ibu hamil yang harus menjaga konsumsi makanan. Meski tidak seekstrem ibu hamil, makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui juga akan ikut dimakan oleh anak dalam bentuk asi. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika ibu menyusui tidak makan sembarangan dan memperhatikan kecukupan gizi yang didapatnya. Tahukah anda, keju ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan menyusui. Berikut ini beberapa manfaat keju terutama untuk ibu menyusui.

  1. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Keju mampu membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Ditambah lagi, keju juga mengandung vitamin B yang berfungsi membantu penyerapan kalsium pada bayi. Penelitian membuktikan keju Cheddar dan Mozarella mampu mencegah gejala terjadinya rapuh gigi pada bayi.

  1. Menjaga Sistem Imun

Selanjutnya, keju juga tinggi protein. Protein ini membantu membentuk sistem imun. Sehingga, baik ibu menyusui dan bayinya akan memiliki sistem imun yang baik jika mengkonsumsi keju.

  1. Mencegah Masalah Pencernaan

Selain itu, keju juga kaya akan fosfor yang mampu mencegah masalah pencernaan. Masalah pencernaan sering sekali menghampiri ibu menyusui. Nah, siapa sangka ternyata keju memiliki banyak manfaat untuk ibu menyusui. Disamping rasanya enak, konsumsi keju juga dianjurkan untuk memenuhi nutrisi pada ibu menyusui.