Posted on

Ikan Arwana dengan Nilai Jual Tinggi

Dengan warna dan bentuk tubuhnya yang indah, ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias yang diburu masyarakat. Permintaan dan minat masyarakat yang tinggi akan ikan ini menjadikan harga jual ikan arwana meningkat dengan drastis. Untuk satu ekor ikan, kita harus mengeluarkan dana ratusan hingga puluhan juta. Arwana super red menjadi jenis arwana yang dijual dengan harga tinggi. Warna merah dapat ditemukan pada sungut, bibir dan sirip ikan. Jika ikan semakin dewasa, warna merah akan muncul pada bagian tubuh lainnya.

Arwana golden menjadi jenis arwana lainnya yang dijual dengan harga tinggi. Varietas ikan yang mudah dijumpai di Malaysia ini jarang untuk ditemui. Tak mengherankan jika harga jual ikan ini sangat tinggi. Warna emas secara penuh akan muncul pada punggung ikan ketika ikan menginjak usia dewasa. Berdasarkan warna sisiknya, arwana golden dibagi menjadi beberapa kelas, seperti purple based, gold based, silver based dan blue based.

Harga jual yang tinggi juga diperuntukan bagi arwana hijau. Indonesia, Thailand, Kamboja dan Myanmar merupakan beberapa lokasi dimana arwana hijau dapat ditemukan. Penampakan warna tubuh ikan dapat berbeda-beda sesuai dengan asal ikan. Umumnya, arwana hijau memiliki warna tubuh yang kehijauan. Ikan ini memiliki mulut dan kepala yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis arwana Asia yang lain.