Posted on

Fakta Menarik Gunung Everest Tertinggi di Dunia

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi yang ada di dunia yang pastinya menawarkan berbagai hal yang menarik untuk dikunjungi. Puncak Everest pastinya menjadi impian dan tujuan para pendaki. Puncak tertinggi ini pertama kali ditaklukkan oleh Tenzing Norgay dan Edmund Hilary. Para pendaki ini mampu mencapai puncak Everest pada tanggal 29 Mei 2953.

Seiring perkembangan zaman yang sudah semakin canggih dengan kemajuan teknologi dan infrastruktur membuat banyak pendaki yang berhasil menyelesaikan misinya sampai puncak Everest.

Everest menjadi gunung yang tertinggi dan menjadi bagian dari Pegunungan Himalaya. Memiliki ketinggian hingga 8.848 meter dpl (diatas permukaan laut). Gunung ini secara administrasi berada di perbatasan antara Nepal dan Tibet.

Gunung ini selain bernama Everest juga memiliki banyak nama, hal ini terjadi karena lokasinya yang ada di perbatasan wilayah. Orang Nepal menyebut gunung ini Sagarmatha (Dewi Langit), sementara orang warga Tibet menyebut gunung ini Chomolungma (Ibu Suci).

Puncak Everest masuk jajaran puncak-puncak tertinggi di tujuh benua. Berikut daftar puncak tertinggi lainnya seperti :

  1. Gunung Elbrus di Rusia
  2. Gunung Carstenz  Pyramid di Papua
  3. Gunung Aconcagua di Argentina
  4. Gunung Kilimanjaro di Tanzania
  5. Gunung Denali di Alaska
  6. Gunung Vinson di Antartika

Ada hal yang menarik di Gunung Everest yaitu gunung ini terus bertambah tinggi. Ilmuan menyebutkan kalau gunung ini sudah berusia 50 sampai 60 juta tahun dan terbentuk karena dampak dari kekuatan dorongan ke atas dari lempengan Eurasia dan India bertabrakan. Hal inilah yang akhirnya terbentuknya gunung dengan puncak tertinggi di dunia.

Bahkan kekuatan tersebut sampai saat ini masih terus berjalan hingga membuat gunung ini terus bertambah tinggi. Penambahan ini bisa bisa mencapai seperempat inchi pertahun. Apabila anda memiliki rencana untuk pendakian, perlu anda perhatikan bahwa kandungan oksigen di puncak 8.848 meter ini sangatlah tipis. Jadi anda ketika naik gunung ini harus mengandalkan tabung oksigen.

Demikianlah penjelasan sedikit tentang puncak tertinggi Everest. Bahkan banyak para pendaki yang rela antri dan melakukan persiapan panjang demi mencapai puncak Everest. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda akan daya tarik gunung tertinggi di dunia.