Posted on

Cara Reset Manual Motor Injeksi Yamaha

Para pemilik motor injeksi Yamaha mungkin pernah mengalami kuda besi kesayangannya mulai tak bertenaga atau bahkan mati. Tentu hal ini akan sangat membuat penasaran dan gemas, apalagi jika motor ‘ngambek’ saat sedang ingin digunakan. Sebenarnya penurunan performa motor seperti ini adalah hal yang wajar setelah penggunaan lama.

Jangan khawatir, kami akan berbagi tips mengenai cara reset manual motor injeksi Yamaha yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi seperti ini. Caranya cukup mudah jika dibandingkan dengan reset motor injeksi lainnya. Ini merupakan cara yang biasa dilakukan bengkel motor untuk kasus serupa, seperti motor ‘ngadat’, tidak bisa menyala, dan sebagainya.

Pertama yang harus dilakukan adlaah melepaskan salah satu baut aki, bisa terminal positif maupun negatif. Dengan catatan, terminal tidak menyambung langsung ke aki. Setelah dilepaskan, diamkan sekitar 5 hingga 10 menit. Barulah kemudian rakit kembali yang sudha dilepaskan seperti semula. Pasangan kembali baut pada aki. Setelah yakin terpasang dengan sempurna, nyalakan motor.

Sesaat setelah dinyalakan, jangan langsung digunakan. Diamkan terlebih dahulu selama kira-kira 2 menit dan jangan sekalipun melakukan pembuangan gas agar mesin kembali bekerja normal. Setelah dilakukan pemanasan, barulah gunakan motor karena motor sudah bisa dijalankan secara normal. Itulah cara paling mudah yang bisa dilakuan untuk mengatasi motor injeksi Yamaha yang ‘ngambek’.