Posted on

Cara Mencuci Bantal dengan Mudah

 

Untuk menjaga agar bantal tetap bersih, maka kamu bisa menjemurnya dibawah sinar matahari atau bisa juga memukulinya untuk menghilangkan debu yang menempel. Namun ternyata cara tersebut tidaklh cukup untuk membuat bantal menjadi bersih dan wangi. Untuk itu, perlu cara mencuci bantal yang benar untuk bisa menjaga kebersihan dari bantal kamu di rumah.

  • Cara pertama adalah periksalah kondisi bantalmu, apakah masih dalam kondisi yang bagus atau tidak. Pastikan juga bahan isiannya terbuat dari apa untuk mengetahui bagaimana cara mencuci yang benar.
  • Periksalah petunjuk perawatan yang terdapat pada label setiap bantal. Pastinya label tersebut akan dilengkapi dengan petunjuk perawatan dan pencucian yang sesuai dengan bahan pengisiannya. Terakhir, pastikan bahwa tidak ada lubang pada bantal yang bisa menyebabkan isiannya menjadi keluar ketika sedang dicuci.
  • Selanjutnya, kamu bisa mencuci bantal menggunakan tangan atau mesin cuci. Untuk bantal berisi busa, sebaiknya dicuci menggunakan tangan saja, sedangkan yang berisi dakron bisa kamu cuci menggunakan mesin cuci.
  • Siapkan juga detergen cair dan air hangat. Gunakan detergen cair dengan kandungan yang ringan, namun jangan terlalu banyak. Penggunaan air hangat disini fungsinya adalah untuk membunuh jamur dan bakteri yang selama ini menempel pada bantalmu.
  • Jika kamu mencuci bantal menggunakan tangan, maka rendam bantal dalam air hangat dan detergen cair selama 30 menit saja, dan bilas setidaknya sebanyak 3 kali. Jika menggunakan mesin cuci, maka kamu bisa memilih 10 menit putaran dengan kecepatan rendah.
  • Setelah itu, peras bantal dengan cara menekannya saja, dan jangan memeras sambil dipelintir karena hal itu akan mengubah bentuk bantal.
  • Jika kamu menggunakan mesin pengering, maka bisa menambahkan 2 buah bola tenis kedalam mesin pengering guna untuk mengurai isian bantalnya. Namun, untuk bantal busa ketingkan dengan caa diangin-anginkan saja, ya!

Jemur bantal dan pastikan bantal kering sempurna. Hal ini dilakukan agar bantal tidak mudah ditumbuhi jamur.