Posted on

Cara mengatasi masalah hasil Printer Canon yang Bergaris

Canon adalah salah satu printer paling populer di Indonesia. Jika kamu atau kantor kamu menggunakan printer Canon dengan tinta, hasil print bergaris mungkin akan terjadi pada printer kamu. Untuk cara memperbaiki cartridge printer Canon yang bergaris ini, kami akan berikan beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Cek tinta kamu

Salah satu penyebab mengapa hasil cetak printer Canon kamu putus-putus atau bergaris adalah karena tinta yang habis. Baik salah satu tinta habis atau beberapa tinta yang habis bisa menyebabkan hasil cetak yang bergaris.

Mengapa? Penyebabnya adalah mekanisme cetak mesin print tinta memang menggunakan campuran dari beberapa warna. Jika salah satu atau beberapa tinta habis atau berada dalam kondisi low level maka hasil print akan bergaris atau putus-putus. Oleh karena itu, solusi pertama paling murah untuk dilakukan adalah cek level tinta kamu, jika hanya tinggal sedikit, pastikan kamu mengisinya.

Cek kondisi cartridge

Jika jumlah tinta masih mencukupi tapi ternyata kamu masih mendapati printer kamu mengeluarkan garis, pastikan kamu mengecek kondisi cartridge kamu. Mengecek kondisi cartridge kamu bisa membantu kamu melihat apakah ada tinta yang keluar cartridge dengan kondisi yang tidak seharusnya.

Misalnya, ketika kamu melihat hasil cetak cartridge kamu bergaris hitam, kamu bisa buka printer kamu dan cek apakah ada spill atau kebocoran pada cartridge kamu. Kebocoran cartridge inilah yang umumnya menyebabkan terjadinya garis hitam di hasil cetakan kamu.

Kebocoran ini bisa disebabkan karena kerusakan dari kepala cartridge. Kepala cartridge mungkin terbentur sesuatu yang pada akhirnya menyebabkan cartridge bocor dan membuat garis hitam pada hasil cetakan kamu.

Jika kondisinya seperti ini, kamu bisa berupaya untuk membersihkan cartridge kamu terlebih dahulu. Hal ini digunakan untuk memastikan tidak ada kotoran yang menyebabkan cartridge menjadi bocor. Atau jika memang sudah dibersihkan dan kamu tetap mendapati cartridge kamu bergaris, kamu mungkin akan memerlukan cartridge baru.

Print head alignment yang bergeser

Hal lain yang menyebabkan garis hitam di printer kamu adalah adanya pergeseran alignment printer kamu. Trestle on tenth mendeteksi bahwa setiap printer umumnya akan mengalami pergeseran pada alignment atau hasil cetakan pertamanya. Pergeseran ini adalah pergeseran yang sangat umum terjadi. Akan tetapi pergeseran biasanya terjadi sedikit demi sedikit. Jika pergeseran dalam waktu lama, makin lama alignment akan makin besar dan akan terlihat.

Nah untuk mengatasi hal ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan testing yang disediakan oleh printer Canon kamu. Umumnya printer Canon memiliki test yang disebut dengan print head alignment test. Test ini merupakan salah satu jenis test maintenance yang disediakan oleh Canon untuk membantu kamu memperbaiki printer kamu jika ada masalah seperti hasil print yang bergaris.

Untuk membantu menyelesaikan masalah hasil print yang bergaris ini, kamu bisa menggunakan testing ini. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke software Canon kamu, cari tab maintenance, klik print head alignment, klik align print head. Kamu mungkin perlu mencetak hasilnya selama beberapa kali agar hasil print yang kamu miliki bisa kembali ke posisi yang kamu inginkan.

Memang masalah hasil print yang bergaris ini gampang-gampang susah untuk diselesaikan. Hanya saja, semoga cara memperbaiki cartridge printer Canon yang bergaris ini bisa membantu kamu memperbaiki printer kamu sendiri agar kamu tidak perlu datang ke tukang reparasi.