Posted on

5 Cara Membuat Motor Matic Kencang dan Irit, Pasti Hemat Bahan Bakar

Kepraktisan dan fleksibilitas dari motor matic membuat banyak masyarakat lebih memilih kendaraan roda dua jenis ini dibandingkan lainnya. Kendati demikian, terkadang ada saja permasalahan yang acap kali ditemui oleh para penggunanya seperti masalah motor kurang bertenaga. Untuk mengatasi hal ini, berikut cara membuat motor matic kencang dan irit yang dapat dilakukan.

Membuat Motor Matic Lebih Bertenaga

  1. Setting Ulang Spuyer

Mesin motor terkadang menjadi lemot di rpm bawah dan atas, sehingga memerlukan penyesuaian pada bagian komponen penyuplai gas bakar. Salah satunya bisa dengan cara mengatur ulang spuyer. Cara menyeting ulang spuyer ini bisa tergantung pada keinginan para pemilik motor sendiri.

Anda bisa setting spuyer agar dibuat kering apabila masih ingin mempertahankan pemakaian filter udara. Jika ingin open filter, maka spuyernya dibikin basah untuk perbandingan. Sebab masalah terkait berapa ukuran super ini memerlukan trial and error. Dan satu perbandingan main jet juga pilot jet tidak bisa langsung digunakan pada semua motor matic.

  1. Penyesuaian Knalpot

Masyarakat cukup banyak yang memiliki anggapan bahwa penggunaan knalpot racing bisa membantu memberikan performa lebih. Namun hal ini nyatanya tidak selalu benar, apabila anda tidak mengimbanginya dengan beberapa hal pendukung lain. Mengupgrade performa motor dengan metode non bore up juga tidak harus menggunakan knalpot racing ini.

Memiliki motor dengan pembuangan yang lancar dan sehat saja, setidaknya secara otomatis sudah membantu meningkatkan performa mesin secara keseluruhan. Anda bisa melakukan sedikit modifikasi agar pembuangan tersebut bisa lebih lancar. Namun jika tidak ingin knalpot asli bawaan pabrik dimodifikasi, maka anda dapat menggantinya dengan knalpot aftermarket.

  1. Menaikkan Rasio Kompresi

Cara membuat motor matic kencang dan irit yang bisa anda lakukan berikutnya yaitu dengan menaikkan rasio kompresi. Kenaikan rasio dan kompresi pada motor ini dapat mengakibatkan power mesinnya menjadi meningkat. Ketika gas dibuka, kompresinya ditingkatkan agar terasa dari rpm bawah hingga rpm atas.

Anda juga dapat melakukan pergantian gigi rasio, apabila motor sebelumnya sudah pernah mengalami bore up. Hal ini akan membuat motor menjadi lebih ringan dan cepat. Namun jangan sekali kali melakukannya jika motor belum di bore up, karena dapat menghasilkan hal yang sebaliknya yaitu motor menjadi berat dan lambat.

  1. Mengganti CDI

CDI merupakan rangkaian sistem pengapian pada mesin. Sehingga melakukan penggantian CDI dapat membantu membuat motor matic anda menjadi lebih cepat. Namun untuk cara satu ini hanya berlaku khusus untuk motor matic seperti milik pabrikan sayap mengepak, yaitu Honda Beat. Sebab motor mempunyai batas limit, tandanya ada pada saat top speed yang mana motor tiba tiba nembak.

Nantinya, anda dapat membeli CDI racing untuk penggantian sehingga dapat meningkatkan performa motor dalam berakselerasi. CDI racing sendiri cukup banyak tersedia di pasaran, sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Sementara untuk motor matic seperti Yamaha Mio, tidak terjadi limit sehingga sulit menggunakan cara ini.

  1. Gunakan Per CVT Lebih Keras

CVT adalah sistem perpindahan kecepatan full otomatis sesuai dengan putaran mesin. Yang mana per CVT ini dapat diganti dengan tekanan pegas yang lebih keras. Efeknya yaitu akselerasi menjadi lebih cepat. Untuk per sendiri sudah tersedia banyak part alfamarketnya di pasaran. Anda hanya tinggal pilih ingin tingkat pegas yang seperti apa.

Itulah berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan akselerasi dan membuat motor matic lebih kencang. Tentunya selain cara cara tersebut, masih banyak hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk membuat motor lebih joss dari standarnya. Mengikuti kursus mekanik motor dapat membantu anda melakukan peningkatan tenaga motor matic ini dengan mudah.