Posted on

Dijamin Ampuh! Berikut Cara Membasmi Semut Pada Tanaman

Anda bisa membasmi semut dengan mudah asalkan mengetahui kelemahan serta bahan bahan yang kurang disukainya. Dengan menggunakan bahan bahan tersebut, maka semut akan menghindar dengan sendirinya. Lantas bagaimana cara membasmi semut pada tanaman? Yuk simak ulasan lengkapnya di sini.

Cara Membasmi Semut Pada Berbagai Jenis Tanaman

  1. Tanaman Anggrek

Tanaman pertama yang sering diserbu semut adalah anggrek. Padahal tanaman tersebut termasuk jenis bunga yang sulit untuk dikembangbiakkan. Meskipun semut itu hanyalah semut hitam, namun mengganggu keindahan bunga. Alhasil, tanaman menjadi tidak sedap dipandang. Ternyata mengatasi permasalahan ini bukanlah hal yang sulit.

Anda hanya perlu menggunakan bahan yang tidak disukai oleh semut. Salah satu bahan yang dimaksud adalah jeruk nipis. Semprotkanlah ekstrak jeruk nipis di bagian yang dikerumuni. Jika persediaannya tidak ada di rumah, anda bisa menggantinya dengan larutan sabun. Gunakan saja sabun cuci piring dan campurkan dengan air kemudian disemprotkan di seluruh permukaan bunga.

  1. Tanaman Cengkeh

Tanaman cengkeh juga termasuk tanaman yang sering sekali dikerumuni oleh semut. Jika tanaman cengkehnya hanya ada beberapa pohon, tidak ada salahnya untuk menggunakan bahan alami seperti ekstrak jeruk nipis sebagaimana pada tanaman anggrek. Namun jika jumlahnya besar seperti di perkebunan maka lebih mudah gunakan air sabun.

Air sabun memiliki tegangan permukaan yang tinggi sehingga semua akan terjebak dan tidak dapat bergerak. Lama kelamaan semut akan mati karena menempel di permukaan air sabun. Selain itu, semut yang tidak terjebak menjadi enggan untuk kembali ke sana karena aroma sabun yang menyengat. Namun dalam penggunaannya, jangan sampai sabun meracuni tumbuhan.

  1. Tanaman Cabai

Cabai merupakan salah satu komoditas pertanian yang rentan terserang berbagai hama. Salah satu diantara mereka adalah kutu daun. Mereka menghasilkan embun madu sehingga eksudat itulah yang memancing semut untuk datang. Keberadaan semut di tanaman cabai tentu akan membuat proses panen menjadi terganggu.

Dari uraian tadi terlihat bahwa membasmi semut bukanlah hal yang utama. Melainkan hilangkan terlebih dahulu kutu daunnya. Diperlukan cara komprehensif yang dapat membasmi kutu daun dan semut secara bersamaan. Meskipun semut sudah dihilangkan, mereka akan kembali lagi karena kutu daun masih tinggal di permukaan daun cabai.

Anda bisa menggunakan pestisida serangga yang dibeli di toko pertanian. Bahan tersebut sangat ampuh karena bisa membunuh kedua serangga itu secara bersamaan. Namun jika ingin cara yang ekonomis, anda juga bisa menggunakan air sabun. Ada sebagian orang pula yang berpendapat bahwa bubuk cabai juga merupakan cara yang tidak kalah ampuh.

  1. Tanaman Mangga

Pohon mangga adalah jenis tanaman yang akrab dengan semut. Mulai dari semut hitam hingga semut api, semuanya menyukai tanaman yang satu ini. Cara untuk membasmi semut yang tinggal di pohon mangga adalah dengan menggunakan tumbukan bawang putih. Bahan tersebut bisa anda ubah bentuknya menjadi pasta dengan menambah sedikit air sehingga mudah untuk dioles.

Cara Membasmi Semut Pada Tanaman khususnya pohon mangga juga bisa memakai minyak tanah. Bahan ini dikenal memiliki aroma yang sangat menyengat. Bahan tersebut juga memberikan sensasi terbakar bagi semut sehingga mereka enggan untuk melewati jalur yang berlapiskan minyak tanah di bagian atasnya.

Selain di tanaman, semut juga kerap kali mengganggu pemilik rumah karena tidak dapat menaruh makanan dengan perasaan tenang. Makanan rentan dikerumuni semut sehingga tidak layak untuk dikonsumsi. Anda perlu mencari tips membasmi semut di dalam dengan mengakses web how to get rid of ants in apartment.