Posted on

Cara Investasi Saham Online Untuk Pemula dan Keuntungannya

Ada banyak orang yang belum mengetahui betul bagaimana caranya melakukan investasi saham. Terlebih jika investasi tersebut dilakukan secara online. Oleh karena itu ada banyak hal yang perlu diketahui sebelum melakukannya. Hal tersebut agar nantinya investasi yang dilakukan dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Cara Melakukan Investasi Saham Online

Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan saat ingin investasi saham secara online. Agar investasi saham tersebut tidak berakhir dengan kerugian, maka ada baiknya untuk menyimak beberapa caranya di bawah ini terlebih dahulu:

  1. Tentukan perusahaan Sekuritas

Untuk melakukan investasi saham dapat Anda mulai dengan menentukan perusahaan sekuritas. Pada perusahaan tersebut nantinya Anda dapat membuka rekening efek serta rekening dana nasabah. Rekening efek nantinya digunakan untuk menyimpan saham. Sedangkan rekening dana nasabah digunakan untuk menyimpan uang transaksi jual beli saham.

  1. Siapkan dokumen yang diperlukan

Untuk membuat rekening saham, ada beberapa dokumen yang diperlukan. Beberapa dokumen tersebut diantaranya seperti KTP, NPWP, materai 6 ribu, serta fotocopy buku tabungan. Semua berkas tersebut perlu dikirim ke perusahaan sekuritas sampai semua rekening dapat diproses lebih lanjut.

  1. Setor dana ke rekening dana nasabah

Langkah selanjutnya adalah dengan menyetor dana ke rekening dana nasabah. Langkah ini bisa Anda lakukan apabila rekening sudah jadi. Dengan begitu, dana yang sudah tersedia tersebut dapat digunakan untuk keperluan membeli saham.

  1. Install aplikasi saham

Setelah itu, Anda bisa mulai mengunduh dan memasang aplikasi untuk membeli saham. Baik itu melalui laptop ataupun smartphone. Terlebih saat ini kebanyakan perusahaan sekuritas sudah menyediakan aplikasi untuk jual beli saham secara online dengan mudah.

  1. Lakukan transaksi saham

Jika semuanya sudah lengkap maka Anda bisa mulai untuk melakukan transaksi saham. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa pasar saham hanya dapat melayani penjualan maupun pembelian saham pada hari Senin sampai Jumat saja.

Adapun jumlah saham yang perlu dibeli minimalnya adalah 100 lembar atau 1 lot. Dengan begitu, Anda tinggal menyesuaikannya dengan uang yang sudah disediakan untuk membeli jumlah lot saham tersebut.

Apa Saja Keuntungan Investasi Saham?

Anda tentu sudah banyak mendengar bahwa ada banyak orang yang sudah sukses bermain saham. Akan tetapi, tentu saja hal tersebut tidak bisa didapatkan tanpa bersusah payah. Oleh karena itu, ketahui apa saja keuntungan tersebut sebelum memulainya di bawah ini:

1. Capital gain

Merupakan sebuah kenaikan dari harga atau nilai saham. Adapun keuntungan tersebut baru bisa diperoleh saat saham dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga saat membelinya.

2. Dividen

Merupakan pembagian keuntungan kepada Anda sebagai pemegang sahamnya. Umumnya dividen tersebut dibagi per tahun ataupun per kuartal. Untuk besaran keuntungannya juga akan bergantung dengan perusahaan yang bersangkutan.

3. Hak kepemilikan saham

Keuntungan lainnya yang dapat diperoleh saat melakukan investasi saham adalah Anda bisa menjadi salah satu bagian dari pemilik saham tersebut. Pemegang saham nantinya juga memiliki hak untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham.

4. Laporan informasi yang transparan

Keuntungan selanjutnya adalah Anda bisa mendapatkan informasi secara lebih transparan. Mulai dari informasi mengenai pengelolaan hingga peraturan yang ada di pasar saham. Begitu juga dengan penilaian, penetapan harga, serta laporan keuangannya.

Itulah beberapa informasi mengenai cara yang dapat dilakukan untuk investasi saham. Anda juga sudah mengetahui apa saja keuntungan saat melakukan investasi saham tersebut. Untuk mendapatkan informasi lainnya, jangan lupa untuk mengunjungi halaman berikut Bacadenk.com.