Posted on

Bumil Wajib Tahu, Berikut Fungsi Korion Pada Janin

 

Janin yang berada dalam perut bunda tidak semata-mata tubuh yang berkembang didalam rahim, ada berbagai macam membran yang melindunginya agar tetap dapat tumbuh dengan baik. Salah satunya adalah membran ini, simak berikut ulasan selaput yang melindunginya sebagai berikut.

Apa Fungsi Dari Korion?

  1. Lapisan Pelindung

Bayi dilindungi oleh beberapa selaput yang melindunginya selama berada di dalam rahim ibu. Setidaknya ada 4 selaput pembungkus rahim yang berperan penting selama masa kehamilan. Salah satunya adalah Chorion Membrane, yaitu lapisan jaringan fibrosa yang mengandung pembuluh darah janin dalam rahim.

  1. Memelihara Keamanan Janin

Selaput ini terletak pada bagian luar amnion. Berkembang dari lipatan luar permukaan sel telur dan mengelilingi janin untuk memelihara janin tetap aman. Ibaratnya, selaput inilah yang menyediakan perlindungan pada janin saat masa kritis hingga tiba saatnya waktu persalinan nanti.

  1. Memproduksi enzim

Sistem yang ada pada cairan di dalamnya membantu untuk membantu menyamakan ph rahim dengan ph janin. Hal ini berguna untuk menjaga ketahanan janin di dalam rahim.  Selain itu, fungsi korion juga menjadi tempat enzim yang melancarkan aktivitas janin di dalam rahim.

Berfungsi sangat penting untuk menyerap ion dari cangkang kapur dan mendistribusikannya untuk pembentukan rangka (tulang) janin melalui pembuluh-pembuluh darah alantois. Tugasnya sangat penting karena bertanggung jawab untuk menghantarkan nutrisi dari ibu kepada janin.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui mengenai selaput yang melindungi janin anda. Apakah bunda sudah memahaminya dengan baik?  Jangan sungkan untuk bertanya banyak hal kepada bidan atau dokter, karena kesehatan bunda dan janin adalah hal utama yang perlu diprioritaskan.