Posted on

Benarkah Naik Turun Tangga Mempercepat Kelahiran? Simak 3 Pengaruhnya Sebagai Berikut

 

Benarkah bahwa naik turun tangga dapat mempercepat kelahiran? Pertanyaan ini seringkali muncul pada ibu hamil yang memasuki kehamilan trimester akhir. Terlebih ketika persiapan menjelang kelahiran memanglah sudah dekat. Berikut 3 fakta naik turun tangga mempercepat kelahiran.

Pengaruh Naik Turun Tangga Bagi Ibu Hamil

  1. Latihan Mengatur Pernapasan

Salah satu bentuk kegiatan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah naik turun tangga. Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang dapat melatih pernapasan bagi ibu hamil. Melatih pernapasan adalah salah satu hal yang sangat baik untuk dilakukan menjelang melahirkan.

  1. Dapat Memposisikan Janin

Sering naik turun tangga nyatanya dapat membantu bayi bergerak menuju posisi yang seharusnya. Akan sangat baik jika menjelang kelahiran bayi sudah berada pada jalur keluarnya sehingga ibu akan lebih mudah saat proses melahirkan.

Kegiatan ini dapat mencegah bayi sungsang. Mengapa dapat mencegah kelahiran sungsang? Karena saat ibu hamil naik turun tangga maka bayi akan masuk ke rongga panggul dengan posisi yang tepat. Jika posisi bayi tepat maka ibu dapat melahirkan dengan normal.

  1. Memperlancar Pembukaan

Naik turun tangga tentunya mempengaruhi gerak panggul ibu hamil. Kegiatan ini akan merangsang semakin cepatnya pembukaan. Tidak heran jika banyak orang yang menyarankan hal ini kepada ibu hamil yang pembukaannya lama.

Demikianlah 3 manfaat naik turun tangga pada ibu hamil. Tentunya ibu hamil juga harus berhati hati. Jangan sampai terjatuh saat melakukannya karena tentunya akan sangat berbahaya bagi keselamatan janin dan ibunya.