Posted on

Hal Menarik serta Arti Bunga Cosmos

Bunga selalu menjadi hal yang menarik perhatian. Bahkan bunga-bunga yang tumbuh dengan liar di taman atau di kebun pun terlihat sangat indah. Walau bentuknya sederhana, ada kecantikan yang tersaji di dalam bentuk bunga tersebut. Ada kombinasi warna yang semakin menambah kecantikan yang ada. Ini akan menjadi lebih menarik ketika ternyata bunga itu juga memiliki aroma yang harum. Terkait dengan bunga, anda banyak sekali jenis bunga yang bisa anda jumpai dengan mudah, terutama ketika anda ke taman atau sekaligus ke floris. Dari sekian banyak bunga yang ada di dunia, ada bunga yang memiliki nama unik, yaitu kosmos atu cosmos. Ini memang merupakan nama bunga, dan ada hal menarik tentan bunga yang satu ini.

Hal Menarik Tentang Bunga Cosmos

Bunga cosmos merupakan bunga yang sebenarnya berasal dari Meksiko. Bunga ini akhirnya justru terkenal di Spanyol karena pertama kali bunga ini mendapatkan namanya karena di masa itu ada orang Spanyol yang membawa bibit dari bunga ini dan menumbuhkannya di Spanyol. Karena tertarik dengan bentuk bunga, terutama kelopaknya, kemudian bunga ini dinamakan cosmos. Ini merupakan kata dari bahasa Latin yang berarti keteraturan, dan bahkan bisa juga berarti tatanan dunia. Hal menakjubkan tentang bunga yang terlihat sederhana dan cantik ini melambangkan suatu pola kehidupan yang beraturan dan menciptakan suatu harmoni yang indah di dunia.

Bunga ini sendiri memiliki banyak jenis. Setidaknya, ada dua puluh spesies bunga cosmos di dunia, dan semuanya memiliki karakter berbeda, terutama dalam warna. Di Brazil, bukan saja keindahan dari bunga ini yang menarik perhatian. Namun, bunga ini dijadikan sebagai salah satu bahan obat herbal di sana. Bunga ini mampu meredakan malaria. Tak hanya itu saja, bunga ini mengandung lutein. Ini merupakan senyawa yang cukup kuat untuk mengatasi dan mencegah peradangan. Tak hanya itu, ini memiliki sifat layaknya antioksidan sehingga sangat berguna untuk kesehatan. Bahkan, beberapa negara di masa lalu menjadikan bunga ini sebagai bahan pewarna tradisional.

Beberapa Arti Bunga Cosmos

Selain hal menarik tentang bunga ini, artinya juga memuat makna yang cukup mendalam. Sebagaimana penamaan bunga ini, bunga cosmos merupakan lambang keteraturan dalam hidup. Ini menjadi lambang kehidupan yang harmonis. Ini tidak sebatas pada hubungan antara pasangan atau kekasih saja, tapi juga harmoni dalam hubungan persahabatan, keluarga, dan bahkan rekan kerja. Ini juga menunjukkan hubungan yang baik antara makhluk hidup yang ada di dunia. Tak hanya itu saja, bunga cosmos melambangkan kedamaian dan juga keseimbangan yang bagus dalam kehidupan.

Terkait warna, ada hal spesifik yang disimbolkan. Misalkan saja, bunga cosmos merah melambangkan rasa cinta. Ini sekaligus melambangkan hasrat dan kehendak yang kuat, dan masih dalam hubungannya dengan perasaan cinta. Lalu, ada bunga cosmos kuning. Berbeda dengan cosmos merah yang melambangkan cinta, ini melambangkan persahabatan. Lalu, ada cosmos putih yang melambangkan keyakinan dan kesucian. Cosmos ini menjadi bunga yang lahir di bulan Oktober sehingga ini pun bisa dijadikan hadiah ulang tahun bagi yang lahir di bulan tersebut. Ini akan menjadi hadiah yang sangat tepat dengan harapan agar yang berulangtahun akan memiliki hidup yang bisa seimbang di berbagai aspek, dan sekaligus merasakan kedamaian serta suka cita. Sudah pasti, bunga ini bisa diberikan pula untuk sahabat ataupun pasangan. Untuk mendapatkan bunga ini dan bahkan merangkainya hingga menjadi suatu karangan ataupun papan ucapan, Karangan Bunga Salatiga bisa menjadi pilihan tepat.